Elektromagnetika Telekomunikasi

  • Deskripsi

Mata kuliah ini membahas tentang karakteristik medium dan propagasi gelombang pada medium hampa udara, dielektrik tidak merugi, dielektrik merugi serta konduktor sempurna. Membahas pula tentang propagasi gelombang lintas medium baik untuk kasus 2 medium dan 3 medium, yang tegak lurus dan jatuh miring. Kemudian pembahasan dilanjutkan dengan topik saluran transmisi baik yang dua konduktor dan satu konduktor seperti bumbung gelombang rectangular dan sirkular. Pada materi saluran transmisi dibahas pula prosedur penyepadanan impedansi dengan menggunakan metode grafis dengan menggunakan smith chart tunggal untuk kasus transformator lambda per empat, stub tunggal seri dan paralel serta stub ganda.

 

  • MK Prasyarat

Kalkulus 1 dan Kalkulus 2, Rangkaian Listrik, Pengolahan Sinyal Waktu Kontinyu

 

  • CPMK
  1. Mampu Mendekripsikan karakteristik persamaan gelombang datar pada medium hampa udara, dielektrik tidak merugi, dielektrik merugi serta konduktor sempurna.
  2. Mampu Menganalisis pengaruh jenis medium propagasi terhadap karakteristik gelombang datar, serta pengaruh dari lintas medium terhadap propagasi gelombang pantul dan gelombang terus.
  3. Mampu Mendektripsikan persamaan medan listrik / magnet pada saluran transmisi, impedansi karakteristik dari saluran transmisi, koefisien pantul dan VSWR pada saluran transmisi.
  4. Mampu Menganalisi penyepadan impedansi akibat perbedaan impedansi saluran transmisi dan beban untuk mendapatkan performa lebih baik.
  5. Mampu Mendekripsikan karakteristik propagasi pada bumbung gelombang rektangular maupun sirkular

 

  • Referensi

[1] ISKANDER, M. F., Electromagnetic Fields and Waves – 2nd Edition, Waveland Pr Inc., October 15, 2012

[2] William H. Hayt, Jr. John A. Buck, Engineering Electromagnetics 8th edition, McGraw-Hill companies, 2011

[3] Samuel Y. Liao, “Microwave Devices and Circuits 3rd Edition”, Prentice Hall, 1996

[4] David M. Pozar, “Microwave Engineering 4th Edition”, John Wiley & Sons, 2012