Literasi TIK

Mata kuliah ini membahas dan mempraktekkan kompetensi literasi TIK. Dimulai dengan membahas dasar dan komponen TIK, kemudian akan berfokus pada kompetensi literasi TIK yang meliputi analisa kebutuhan informasi untuk menyelesaikan suatu masalah. Kemudian melakukan penemuan informasi yang dibutuhkan secara efektif dan efisien dan melakukan evaluasi terhadap informasi yang dihasilkan dan proses penemuannya. Informasi kemudian akan disimpan dan dikelola. Dilanjutkan dengan proses membangun konsep baru atau membuat pemahaman baru dari informasi yang ada. Selain itu juga akan dipelajari penggunaan informasi dengan pemahaman dan mengakui budaya, etika, ekonomi, masalah hukum, dan sosial seputar penggunaan informasi.

 

CPMK

  1. Mampu mendefinisikan Informasi menggunakan TIK.
  2. Mampu mengakses informasi menggunakan TIK.
  3. Mampu mengelola informasi menggunakan TIK.
  4. Mampu mengintegrasikan informasi menggunakan TIK.
  5. Mampu mengevaluasi informasi menggunakan TIK.
  6. Mampu menciptakan informasi menggunakan TIK.
  7. Mampu mengkomunikasikan informasi menggunakan TIK.

 

Bahan Kajian

  1. Pengantar Literasi TIK.
  2. Praktek Word dan Power Point.
  3. Mencari Informasi dari Internet.
  4. Praktek Pencarian Informasi.
  5. Critical Information Evaluation and Search Process.
  6. Praktek Excel.
  7. Presentasi Individu.
  8. Pengelolaan Informasi.
  9. Praktek Tools Kolaborasi.
  10. Penggunaan Informasi baru untuk membentuk konsep baru.
  11. Praktek pembuatan blog student.
  12. Aspek Sosial, Budaya, Ekonomi, Etika dan legal dalam penggunaan informasi.
  13. Praktek pembuatan karya ilmiah.

 

Referensi

  • Information Literacy Competency Standards for Higher Education, American Library Association, 2000.
  • Framework for Information Literacy for Higher Education, The Association of College & Research Libraries, 2015.
  • Modul Praktikum Aplikasi Perkantoran dan Pencarian Informasi, Tim Penulis Modul Praktikum S1 Teknik Informatika, Fakultas Informatika, Universitas Telkom, 2015.
  • California ICT Digital Literacy Assessments and Curriculum Framework, 2008.
  • Australian and New Zealand Information Literacy Framework: principles, standards and practice, second edition, Australian and New Zealand Institute for Information Literacy, 2004.
  • John L.Gordon , Creating Knowledge Maps by Exploiting Dependent Relationships, in: Knowledge Based Systems, Vol13 (April 2000), pages 71 – 79, Elsevier Science.
  • Novak, J. D. & A. J. Cañas, The Theory Underlying Concept Maps and How to Construct and Use Them, Technical Report IHMC CmapTools 2006-01 Rev 01-2008, Florida, Institute for Human and Machine Cognition, 2008.