Manajemen Proyek

  • Deskripsi

Mata kuliah ini menjelaskan proyek yang berkaitan dengan konsep manajemen proyek dan juga proyek manajemen life cycle serta hubungan proses-prosesnya sebagaimana proyek life cycle, yang berisi standar yang diakui secara global dan panduan digunakan untuk profesi manajemen proyek. Standar tersebut adalah dokumen resmi yang menjelaskan didirikannya norma, metode, proses, dan praktek. Seperti profesi lain, pengetahuan yang terkandung dalam standar ini telah berkembang dan diakui para praktisi manajemen proyek yang telah memberikan kontribusi untuk pengembangan standar ini.

 

  • Mata Kuliah Prasyarat

 

  • CPMK
  1. Mampu melakukan tahapan proyek pada project life cycle mulai dari proses inisiasi, perencanaan, pelaksanaan sampai pada penutupan proyek.
  2. Mampu mengintegrasikan seluruh knowledge area mulai dari integration, scope, time, cost, quality, human resource, communication, risk, procurement, dan stakeholder selama project life cycle berlangsung
  3. Mampu merekayasa durasi dalam linkup proyek, pemilihan cost yang efektif, dan efisien tanpa mengindahkan kualitas sendiri.
  4. Mampu menerapkan ilmu mannajemen proyek dalam real case.

 

  • Referensi

[1] A Guide to the Project Management Body of Knowledge (PMBOK) Fifth Edition 2013

[2] Project Management ( A Systems Approach to Planning,Scheduling and Controlling), Harold R. Kerzner,PhD (Eleventh Edition) , Willey 2013

[3] Managing Business and Engineering Projects , John M. Nicholas 1990